Jumat, 04 Maret 2011

Komunikasi Politik dan Propaganda

Propaganda berasal dari bahasa latin Propagare atau Propagate yang artinya :
1. Mengembangkan/menyebarluaskan
2. Memekarkan
Aktifitas propaganda :
1. Komersial
    a. Periklanan
        - Public Relation
        - Marketing
    b. Politik
        - Doktrin / Ide
        - Statement / Argumen
        - Kampanye
Defenisi Propaganda:
Harold D. Lasswell Propaganda adalah penggunaan simbol-simbol untuk mempengaruhi perilaku atau manipulasi perasaan manusia.
Qualter Propaganda adalah suatu nupaya secara sengaja oleh bebepara individu atau kelompok untuk membentuk, mengontrol, atau mengubah sikap kelompok lain dengan menggunakan instrumen komunikasi demi mencapai tujuan.
Bernias Propaganda adalah upaya konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa yang bertujuan mempengaruhi hubungan publik.
Perbedaan Propaganda dengan Kampanye :
1. Propaganda tidak ada waktu
2. Propaganda menginginkan perubahan cepat
3. Kampanye tidak dibatasi waktu
4. Kampanye memiliki pola-pola tertentu
Persamaan Propaganda dengan Kampanye :
1. Sama –sama membutuhkan media
2. Terciptanya sikap dan perilaku sesui yang diinginkan.
Jenis-jenis Propaganda :
 









Teknik-Teknik Propaganda :











Name Calling : Julukan
Gleterring Generality : Gagasan atau Sanjungan
Transfer : Memindahkan Kekuatan Psikologis seseorang ke Orang Lain
Testimonial :Pernyataan Seseorang yang di jadikan Propaganda
Plain Folks : Propaganda yang mengidentifikasi Ide
Card Stacking : Propaganda yang Menunjukkan Hal-hal Baik
Band Wagon : Teknik Propaganda yang dilakukan untuk membesar-besarkan kesuksesan yang dicapai seseorang

Sumber: Achmad Herman S.Sos, M.Si
Dosen Senion Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako

 




2 komentar: