Senin, 11 Oktober 2010

Frenbook VS Facebook

Satu lagi karya anak bangsa terbukti dalam menelurkan media komunikasi di dunia maya.
 Jika Koprol, jejaring sosial lokal yang berbasis lokasi sudah berhasil  go internasional berkat akuisisinya oleh Yahoo!, maka kini muncul jejaring sosial lainnya yang siap melibas ketenaran Facebook.
Situs pertemanan lokal yang dikelola oleh situs www.ilmci.com (I love my country Indonesia) ini meyakini bakal mampu menyaingi popularitas Facebook, jejaring sosial dengan jumlah anggota hampir mencapai setengah miliar.
Situs pertemanan buatan Sofian Tjandera, asal Kalimantan ini pun mengusung kelebihan lainnya. Menurut Randy Bimantoro (Direktur www.ilmci.com), Frenbook kini menempati peringkat 78 dunia dan setiap harinya mengalami peningkatan antara 500 sampai 1.000 poin.
Berbeda dengan Facebook yang tidak terproteksi, Frenbook memiliki kelebihan terproteksi dengan konten berbau pornografi atau kekerasan. Selain itu, Frenbook juga dirancang untuk mencari kata-kata hanya yang berkaitan dengan pendidikan.
“Kalau menggunakan jasa Google, semua akan tercantum. Tidak ada pemisahan secara khusus,” tutur Randy yang juga lulusan Universitas Brawijaya Malang.
Ketika InfoKomputer menjajal situs pertemanan ini, nuansa Facebook memang terasa kental. Jika Facebook didominasi oleh warna biru dan putih, maka paduan warna biru dan kuning menjadi pilihan Frenbook. Pada kolom “what’s on your mind” pun diganti menjadi “your motivation words today.”
Hanya saja, situs yang beralamat di www.frenbook.ilmci.com ini masih perlu memperbaiki sisi sekuritasnya. Pasalnya, ketika kami mencoba “logout” kemudian menekan tombol “go back one page” untuk kembali ke halaman sebelumnya, situs ini masih dapat kembali ke halaman yang dimaksud tanpa meminta pengguna mengisi password lagi. Padahal pengguna sudah melakukan logout.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar